Breaking News

Wednesday, October 4, 2017

BERKIBAR DI RUMAH BELAJAR

Rumah belajar. Dua buah kata yang penuh makna. Rumah memberikan kesan informal, sebagaimana salah satu jalur pendidikan melalui keluarga dan lingkungan. Belajar merupakan sebuah aktivitas. Aktivitas memiliki makna adanya kegiatan atau keaktifan untuk mendapatkan pengetahuan atau keterampilan.
Rumah belajar yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan sebuah portal daring. Portal ini terbuka bagi siapa saja yang memiliki minat untuk belajar. Tidak hanya siswa atau guru, masyarakat umum juga dapat memanfaatkan portal ini. Rumah belajar memiliki manfaat antara lain: sebagai sumber belajar, sebagai sarana komunikasi dan kolaborasi serta sebagai wahana pengembangan profesionalisme guru.
Model belajar yang dilakukan di rumah belajar tidak terikat oleh tempat, waktu dan orang. Ketidakterikan tempat, artinya belajar di rumah belajar dapat dilakukan ketika di rumah, di lapangan bola, di sawah. Belajar dapat  dilaksanakan di manapun.  
Kebebasan waktu, artinya waktu belajar dapat disesuaikan dengan kesempatan yang dimiliki. Namun, komitmen belajar tetap penting. Kemampuan mengatur waktu akan menentukan kesuksesan dalam belajar. Sebab belajar di rumah belajar dilaksanakan secara mandiri. Kecepatan belajar bergantung kepada masing-masing pembelajar.
Portal rumah belajar secara khusus menyediakan laman untuk guru melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan. Guru dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) secara daring. Diklat yang disediakan juga beragam. Sayangnya, bagian ini belum dikelola dengan maksimal sebagaimana portal etraining.seamolec.org.  

Pembelajar juga memiliki kebebasan untuk mencari mitra belajar. Siswa dapat memilih guru yang disukai. Siapapun dapat berkibar dan bersinar jika mau belajar. Sebagaimana moto Rumah Belajar, yaitu belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Ayoo belajar!

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog